Jumat, 08 Juli 2011

Anak Kami Di Diagnosa PDD-NOS

Awalnya sempet shock mendengar anak kami didiagnosa oleh ahli autis sebagai PDD-NOS, PDD-NOS atau Passive Development Disorder - Non Specific adalah tanda - tanda kecenderungan anak berpotensi untuk mengidap autisme.

Tapi memang semua harus dijalani, begini ceritanya : Anak kami yang terkena gejala ini adalah anak laki - laki kami yang saat ini berumur 2 tahun. Saat ia dalam kandungan ibunya sedang bekerja ditempat yang sangat berpotensi untuk mendapatkan cemaran logam berat.

Awal mula kekhawatiran kami adalah, anak ini kurang bisa bersosialisasi dan hanya mengeluarkan kata - kata yang tidak jelas dan kurang bisa kontak mata yang lama sehingga membuat kami khawatir, ditambah pula informasi dari tetangga yang mengatakan bahwa anaknya mengalami gejala yang sama dan tetangga tersebut menganjurkan untuk memeriksakan anak Menginjak usia 2 tahun, ibunya membawanya ke dokter khusus ahli autisme.


Pada saat diperiksakan, anak kami ditest dengan beberapa test untuk menunjukan kekurangan -- kekurangan yang berkaitan dengan sosialisasi seperti tatap mata, berbicara dengan orang yang tidak dikenal. Test yang lainnya adalah konsentrasi, yang pada waktu itu anak kami ditest dengan cara mewarnai gambar. Untuk test sosialisasi, anak kami gagal sedangkan untuk test konsentrasi anak kami lulus.

Saran - saran dokter adalah, kurangi minum susu sapi dan campur dengan susu soya, kemudian juga hindari buah - buahan yang apabila dikupas dan didiamkan akan berubah warna seperti apel dan pisang. Berat sekali memang, karena susu formula yang kami gunakan adalah susu formula yang terjangkau dan bukan susu formula kelas mahal sehingga untuk segera mengganti 50% susu adalah suatu hal yang mustahil.

Selain dari makanan, anak tersebut juga harus mulai dilatih untuk bersosialisasi dengan mengurangi kebiasaan yang membuat dia menyendiri seperti menonton tv. Untuk urusan ini kami bisa jalani dengan baik. Lalu hal terakhir yang paling berat adalah, biaya untuk mengikuti kelas bermain dan therapy yang nilainya mencapai 1,7jt rupiah perbulan.

Sehingga langkah yang kami lakukan dengan kondisi kami yang terbatas adalah seperti ini :

  1. Mencoba mengurangi susu formula biasa dan mengganti dengan susu soya
  2. Mencoba mengurangi susu formula dan menggantinya dengan makanan berat dan menghindari makanan pabrikan juga makanan berbahan gandum seperti biskuit,roti
  3. Memberikan jatah nonton tv hanya 2 jam sehari
  4. Memberikan waktu bermain dan menemani pada saat bermain. Juga selalu berusaha mengajak komunikasi dengan konsisten. Karena anak dengan gejala ini butuh suatu yang konsisten agar mereka bisa mengerti. misal : jika mengatakan "tidak" maka kita tidak boleh mengganti dengan "engga","jangan" ataupun "endda boleh"
  5. Kamu juga membeli buku - buku referensi yang kami lihat di forum autisme. Ini kami lakukan karena kami belum mampu untuk mengikuti kelas therapy. Kami membeli 4 buah buku. 1 buah di amazon.com karena versi terjemahan sudah tidak ada di gramediashop.com, sedangkan 3 buku lainnya adalah buku terjemahan yang isinya tentang nutrisi yang harus diperhatikan untuk anak dengan PDD-NOS, juga buku tentang permainan - permainan yang mengembangkan sosialisainya.


Mudah - mudahan dengan sharing saya ini, kita semua bisa lebih cepat mengidentifikasi kemungkinan gejala PDD-NOS. amiin.


Buku yang kami beli di amazon

















Buku yang kami beli di gramediashop.com ( versi terjemahan)

1 komentar: